4 Film Tentang Persahabatan Manusia Dan Alien Yang Bakal Membuatmu Terharu
howexplore - 4 Film Tentang Persahabatan Manusia Dan Alien Yang Bakal Membuatmu Terharu | fdncms.com
howexplore - 4 Film Tentang Persahabatan Manusia Dan Alien Yang Bakal Membuatmu Terharu | fdncms.com

HOWEXPLORE – Hollywood telah memproduksi ratusan film bertema alien. Sebagian besar dari film-film itu lebih banyak menceritakan pertempuran antara manusia dan alien yang disebabkan oleh niat jahat makhluk-makhluk luar angkasa yang ingin menguasai Bumi. Sebut saja Saga Predator, Independence Day, Star Wars, hingga The Avengers.

Namun ternyata ada film-film yang menceritakan persahabatan antara manusia dan makhluk dari planet lain. Film-film tersebut juga laris manis di box office dan mendapat banyak penghargaan. Jika Kamu penikmat film-film bertema alien, maka 4 film ini sangat recomended untuk ditonton.

  1. Arrival (2016)

    howexplore - 4 Film Tentang Persahabatan Manusia Dan Alien Yang Bakal Membuatmu Terharu | fdncms.com

    howexplore – 4 Film Tentang Persahabatan Manusia Dan Alien Yang Bakal Membuatmu Terharu | fdncms.com

Arrival menceritakan kedatangan 12 pesawat asing yang tersebar ke penjuru dunia. Pesawat tersebut ternyata membawa nahkoda yang tak lain adalah alien raksasa berkaki tujuh. Pemerintah Amerika Serikat kemudian mengirim seorang ahli bahasa bernama Louise Blank (Amy Adams) dan fisikawan, Ian Donnely (Jeremy Renner) untuk memecahkan bahasa makhluk luar angkasa tersebut.

Meskipun Arrival bergenre drama, dan sama sekali tidak ada ledakan-ledakan gedung pencakar langit atau kehancuran suatu kota, bukan berarti tanpa ketegangan sama sekali. Di tangan penyutradaraan Denis Villeneuve yang memiliki reputasi mentereng dalam membuat film-film menegangkan, Arrival memiliki tensi suspence yang cukup tinggi dan membuat rasa penasaran.

Kamu juga dimanjakan dengan visual effect yang cantik di film ini. Salah satu visual effect yang menarik adalah pesawat makhluk luar angkasa yang unik dengan bentuk lonjong melingkar, seperti instalasi seni rupa karya seniman besar. Tak mengejutkan jika visual effect di film ini mampu membawanya mendapatkan banyak nominasi di festival film dunia, seperti Academy Awards 2017.

  1. E.T. The Extra-Terrestrial (1982) 

    howexplore - et | goldenhorse.org

    howexplore – et | goldenhorse.org

E.T. the Extra-Terrestrial merupakan film yang melambungkan nama Steven Spielberg di kancah cinema dunia. Lewat film ini, Spielberg kemudian identik dengan film-film fiksi ilmiah. ET bercerita tentang bayi alien yang tersesat setelah terpisah dari kelompoknya ketika mendarat di Bumi.

Alien tersebut bertemu dengan seorang gadis kecil berusia 7 tahun (Drew Barrymore). Awalnya si alien cukup membuat takut si gadis kecil, tapi kemudian mereka menjalin persahabatan tanpa tendensi yang membuatnya melalui berbagai petualangan seru.

Hingga saat ini, ET menjadi salah satu film bertema alien terbaik sepanjang masa. Kabarnya, Spielberg menjalani proses produksi dengan sangat ketat karena takut naskah ET di plagiat. Film ini juga memperkenalkan Drew Barrymore sebagai aktris muda pendatang baru. Pasca kesuksesan ET, karir perfilman Drew Barrymore terus melambung hingga ia dewasa.

  1. Paul (2011)

    howexplore - paul | secondscene.co

    howexplore – paul | secondscene.co

Paul adalah film alien dengan sentuhan comedy. Paul merupakan nama seekor alien yang ditahan militer Amerika Serikat. Suatu ketika, Paul melarikan diri dari penangkaran militer dan tak sengaja bertemu dua sahabat, Graeme Willy (Simon Pegg) dan Clive Gollings (Nick Frost) yang kebetulan melintas saat Paul berusaha menyelamatkan diri.

Dua sahabat tersebut kemudian berteman akrab dengan Paul dan berinisiatif untuk menolongnya dari kejaran pihak militer. Berbagai kejadian konyol pun mereka lewati saat berusaha membantu Paul melarikan diri. Seperti membawa Paul ke acara San Diego Comic-Con dan orang-orang mengira bahwa Paul adalah orang yang memakai kostum alien.

Keterlibatan Simon Pegg dan Nick Frost sebagai bintang comedy sangat membuat film bertema alien ini menjadi lebih segar. Adegan-adegan yang harusnya menegangkan justru menjadi kocak dengan tingkah mereka berdua.

  1. The Abbys (1989)

    howexplore - The Abbys | amcnetworks.com

    howexplore – The Abbys | amcnetworks.com

The Abbys adalah salah satu film cult karya sutradara terkenal, James Cameron. Mengisahkan sekelompok manusia yang mempunyai misi melakukan kontak dengan alien yang berada di bawah laut. Berbeda hal-nya dengan karya-karya Cameron lainnya yang identik dengan peperangan, film ini sama sekali tanpa adegan pertempuran antara manusia dan alien.

Namun bukan James Cameron jika tak mampu memberikan sentuhan dramatik dan ketegangan meskipun sama sekali mentiadakan adegan pertempuran. Berbeda juga dengan sebagian besar film alien yang identik dengan penjelajahan luar angkasa, The Abbys menjadi film alien yang anti mainstream dengan memunculkan alien di lautan luas.

Jika Kamu adalah penikmat karya-karya James Cameron yang penuh denga perang dan ledakan, ada baiknya coba menikmati sentuhan Cameron yang berbeda di The Abbys.

Itulah 4 film yang menceritakan persahabatan manusia dan alien. Meskipun fiktif, film-film tersebut mampu menyentuh dan mengharukan para penontonnya sehingga mendapat banyak penghargaan di festival-festival film.