Barcelona Vs Liverpool, Pertarungan Sang Jago Kandang Melawan Sang Jago Tandang
howexplore - Barcelona Vs Liverpool, Pertarungan Sang Jago Kandang Melawan Sang Jago Tandang | liverpoolecho.co.uk
howexplore - Barcelona Vs Liverpool, Pertarungan Sang Jago Kandang Melawan Sang Jago Tandang | liverpoolecho.co.uk

HOWEXPLORE – Liverpool bakal menghadapi raksasa Spanyol Barcelona dalam laga leg pertama babak semi final Liga Champion Eropa di Stadion Camp Nou, Rabu waktu setempat. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyatakan bahwa tim nya akan bermain santai saat menghadapi tuan rumah Barcelona. Awalnya Jurgen Klopp memberikan terget tinggi kepada anak asuhnya untuk menang di Stadion Camp Nou agar memudahkan pekerjaan Liverpool di laga leg kedua yang digelar di Stadion Anfield.

Namun Klopp khawatir apabila Liverpool gagal mencapai target tersebut malah menjadikan mental anak asuhnya itu down dan putus asa sehingga mengurangi konsentrasi di laga leg kedua rabu depan. Ibarat cowok pedekate, targetnya diterima jadi pacar seorang cewek yang didekatinya, tapi malah ditolak dan putus asa.

“Saya gak mau anak anak putus asa karena sakitnya tuh disini,” ujar Klopp sambil nunjuk empedunya.

Barcelona yakin dapat mengalahkan Liverpool di Camp Nou. Sebelum menghadapi The Reds, Barca telah menghabisi tim Inggris lainnya, yaitu Manchester United, baik di kandang maupun kala tandang di babak perempat final. Tapi Barca harus ingat bahwa Liverpool dan Manchester United adalah tim beda kasta meskipun memiliki julukan yang hampir sama, yaitu The Reds dan The Red devils. Liverpool merupakan tim kandidat juara Liga Inggris atau Premier League.

Sementara itu Manchaster United adalah tim papan tengah Premier League yang kebetulan musim ini ikut mewakili Inggris di Liga Champion. Pada babak perempat final itu, sang raksasa Catalan memakan hidup hidup setan merah dengan skor 3-0 di Stadion Camp Nou. Stadion Camp Nou dikenal sangat angker. Pasalnya, sudah 6 tahun ini tidak ada tim yang mampu menaklukkan Barcelona di tempat itu.

Camp Nou seringkali menjadi ladang pembantaian untuk tim tim Eropa yang berkunjung kesana. Tak ayal apabila stadion tersebut membuat bulu kuduk lawan berdiri tatkala memasuki lapangan pertandingan. Tapi menariknya adalah fakta bahwa Liverpool lebih sering menghasilkan kemenangan ketika menjalani pertandingan tandang di Liga Champion musim ini. Tim tim sebesar Juventus, Bayern Munich, dan FC Porto telah menjadi daftar korbannya.

The Reds bermain lebih ganas dan agresif tatkala bertanding di kandang lawan. Mereka pun bermain tanpa beban seolah olah di kandang sendiri. Hujatan dan makian kasar ribuan suporter lawan justru memantik motivasi untuk mengakhiri laga dengan kemenangan. Maka bukan tak mungkin jika Liverpool akan menjadi tim pertama yang mampu mengalahkan sang raksasa Catalan itu di dalam rumahnya sendiri.

Dengang fakta bahwa Barcelona sulit dikalahkan di kandang dan Liverpool jago mengalahkan lawan ketika tandang, maka seri adalah hasil yang paling mungkin terjadi dalam pertandingan tersebut. Apabila hasil di leg pertama adalah seri dan hasil di leg kedua juga seri, penentuan lolos ke final akan ditentukan oleh agresifitas gol.