Bumilangit Cinematic Universe (BCU) Bukanlah Bumilangit Cinematic Latah (BCL)
howexplore - Bumilangit Cinematic Universe (BCU) Bukanlah Bumilangit Cinematic Latah (BCL) | greenscene.co.id
howexplore - Bumilangit Cinematic Universe (BCU) Bukanlah Bumilangit Cinematic Latah (BCL) | greenscene.co.id

HOWEXPLORE – Masyarakat penikmat movie-movie superhero di Negara Kesatuan Republik Indonesia kini boleh menyunggingkan senyumnya. Hal itu tak lain dan tak bukan karena negeri ini sudah memiliki jagat sinema untuk genre superhero, yaitu Bumilangit. Wah sebuah prestasi yang menakjubkan di rezim Pak Joko Widodo.

Dulu para penggemar film superhero telah dihibur oleh movie-movie pahlawan super dari Amerika serikat dan Jepang. Kini, kita boleh berbangga punya Jagat Sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe (BCU).

Bumilangit Cinematic Universe Tampilkan Superhero Muka Melayu

Karena sesuper-supernya manusia hero, rasa-rasanya kurang membanggakan kalau bukan berasal dari negeri sendiri. Adanya BCU adalah angin segar, bukan hanya menyegarkan para penikmat superhero, namun juga menyegarkan penonton film di Indonesia. Sebab, telah ada genre film baru yang berpotensi mengundang jutaan warga NKRI menuju bioskop.

Sangat membanggakan melihat orang Melayu berkostum pahlawan super dan melindungi Planet Bumi dari invasi alien-alien yang merongrong para penduduk dunia, serta monster-monster penjajah. Sangat membanggakan menyaksikan orang Melayu berkostum superhero melindungi negeri ini dari kejahatan ilmuwan bengis.

Kini, di negeri ini superhero bukan lagi hanya didominasi orang-orang bule,tapi juga orang-orang Asia, khususnya Indonesia. Pada Agustus lalu, BCU telah mengumumkan daftar superhero yang akan rilis di fase pertama. Dimulai dari Gundala putra petir yang telah tayang 29 Agustus dan ditonton lebih dari 1 juta orang.

Gundala Tampil Di Toronto International Film Festival

howexplore - gundala-toronto-international-film-festival | infoscreening.co

howexplore – gundala-toronto-international-film-festival | infoscreening.co

Gundala juga tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) 2019 dan bersaing dengan Joker yang disutradarai Todd Philips. Yang membanggakan lagi, Gundala termasuk 10 film yang wajib tonton di festival bergengsi tersebut.

Semoga nantinya Gundala mendapatkan penghargaan di ajang Toronto International Film Festival. Kalaupun tidak dapat penghargaan ya tidak masalah. Setidaknya sudah menembus festival sekelas TIFF saja kami sebagai penikmat film sudah terharu.

Semoga saja tahun depan Gundala bisa masuk nominasi film berbahasa asing terbaik di perhelatan Academy Awards 2020. Jika Gundala mampu menembus nominasi film berbahasa asing terbaik. Maka akan menjadi film Indonesia kedua dalam sejarah yang mampu menembus Oscar, setelah Brush With Danger karya sutradara muda potensial sepanjang masa NKRI, Livi Zheng.

Harapan kami setelah Gundala menembus Oscar, maka sang sutradara, Joko Anwar akan diundang makan siang atau minimal makan malam oleh Pak Luhut Binsar Panjaitan, Bu Sri Mulyani, dan Presiden Joko Widodo. Publik pasti tak sabar menyaksikan duo Joko kebanggaan NKRI ini bertemu dan bertegur sapa.

Gundala yang sebelumnya sempat kami ragukan kualitasnya, ternyata justru melebihi ekspektasi. Dramanya oke, martial art memuaskan, dan CGI-nya alus. Akting para aktor dan aktrisnya? Tak perlu dipertanyakan lagi.

Para aktor dan aktris mampu menampilkan performa terbaiknya. Abimana yang selama ini kami kenal sebagai mas-mas jenius dan religius yang mendapat beasiswa di Eropa dan memiliki istri cantik yang menemukan 99 cahaya di langit-langit Benua Biru itu tampil gemilang sebagai pahlawan pembasmi kejahatan.

Semoga nanti di sekuelnya, kami berharap Gundala mendapat beasiswa di Eropa dan memiliki istri cantik dan super cerdas. Sehingga Gundala memiliki villains dari Eropa. “Terus hubungannya sama istri apa bangsat?” Begitu mungkin bathin sebagian orang yang baca artikel ini.

Atau Gundala dapat beasiswa di Amerika Serikat, sehingga dapat crossover dengan Captain Amerika atau Batman. Maka apabila Bumi diserang oleh alien semacam Thanos dan listrik mati, Dunia tidak akan gelap gulita. Karena Gundala akan mengalirkan listrik dengan energi petir yang ia serap.

Bumilangit Telah Merilis Para Pemeran Superhero Dan Villainnya

howexplore - Bumilangit | skyegrid.id

howexplore – Bumilangit | skyegrid.id

Selain Gundala yang dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Bumilangit Cinematic Universe juga merilis pahlawan super lainnya, beserta para pemerannya. Selain itu juga dirilis para villain beserta pemerannya.

Para pahlawan super dan pemerannya itu adalah Chicco Jerikho sebagai Godam, Pevita Pearce sebagai Sri Asih, Nicholas Saputra sebagai Aquanus.

Chelsea Islan sebagai Tira, Zara JKT 48 sebagai Virgo, Tara Basro sebagai Merpati, Joe Taslim sebagai Mandala, Hannah Al Rashid sebagai Camar, Kelly Tandiono sebagai Bidadari Mata Elang, Vanesha Prescilla sebagai Cempaka, Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api, Tatjana Saphira sebagai Mustika Sang Kolektor.

Bront Palarae sebagai Pengkor, Ario Bayu sebagai Ghani Zulham, Lukman Sardi sebagai Ridwan Bahri, Daniel Adnan sebagai Tanto Ginanjar, Asmara Abigail sebagai Desti Nikita, dan Della Dartyan sebagai Nilla Umaya.

Para aktor dan aktris yang disebutkan di atas merupakan nama-nama yang memiliki reputasi positif dalam film-film yang dibintanginya. Dengan demikian, film-film Bumilangit Cinematic Universe ke depan tak perlu diragukan kualitas pemerannya.

Sepintas beberapa superhero Bumilangit Cinematic Universe terkesan ada persamaan dengan superhero Holiwud. Misalnya Gundala yang mirip The Flash dan Godam yang mirip Superman. Namun hanya sebagian kecil saja yang ‘terkesan’ mirip.

Sementara BCU memiliki banyak superhero yang berbeda dengan produk barat, antara lain Si Buta Dari Gua Hantu dan Mandala. Silahkan cari, mana ada superhero Holiwud yang kostumnya pakai kulit ular python.

Itulah salah satu simbol kekayaan Nusantara, sehingga kita memiliki superhero dengan kearifan lokal. Sementara sangat sulit bagi superhero Amerika Serikat untuk memakai kostum kulit ular python. Mungkin mereka bisa pakai kulit ular anaconda, tapi itupun harus cari ke hutan Amazon dulu. Namun sekarang nyaris mustahil karena hutannya telah terbakar.

Sementara, untuk Mandala malah bertelanjang dada. Meskipun di Holiwud sudah ada 2 superhero bertelanjang dada, yaitu Hulk dan Drake, namun yang membedakan adalah Mandala berambut gondrong. Hal yang wajar mengingat jumlah salon di masa kolonial masih sangat sedikit.

Tak Sabar Menyaksikan Pevita Pearce Sebagai Sri Asih Dan Misteri Pemeran Si Buta

Kami juga tak sabar menyaksikan Pevita Pearce memakai kostum Sri Asih. Bisa jadi jumlah penjahat mengalami peningkatan ketika ada superhero seperti Sri Asih. Rasa-rasanya sulit bagi penjahat manapun untuk tidak mendatangi Sri Asih dan bertarung dengannya. Mau digampar berkali-kali juga ikhlas. Mungkin Sri Asih juga lama-lama capek ngadepin Penjahat yang banyak.

Untuk Si Buta Dari Gua Hantu memang belum diumumkan siapa pemerannya. Publik masih bertanya-tanya. Apakah Adipati Dolken, Iqbal Koboy Junior, Jason Ranti, Raditya Dhika, Dion Wiyoko, Pandji Pragiwaksono, ataukah Iko Uwais.

Namun Timo Tjahjanto sudah final ditunjuk sebagai sutradara. Pastinya di tangan penyutradaraan Timo, Si Buta bakal bernuansa gelap dan thriller. Tak sabar melihat Si Buta menggergaji kepala Sapu Jagad hingga darah bermuncratan kemana-mana. Dan perlu kita tunggu, alien jenis apa yang akan menjadi villain Si Buta berikutnya.

Tak sabar juga menantikan crossover antara Gundala dan Si Buta dari Gua Hantu. Mungkin Gundala bakal menghadapi musuh yang sangat berat. Sehingga para superhero di masa depan tak mampu mengalahkan, maka Gundala menggunakan mesin waktu mengajak Si Buta untuk melawan musuh yang berat tersebut. Mungkin musuhnya adalah dajjal atau yajuj majuj.

Dengan adanya superhero semacam Si Buta Dari Gua Hantu dan Mandala, BCU telah membuktikan bahwa mereka bukan BCL (Bumilangit Cinematic Latah). Tapi mereka adalah Bumilangit Cinematic Universe yang memiliki superhero-superhero khas Indonesia atau Nusantara.

Nah, bagi kamu yang hobi nonton film-film superhero pasti sudah tidak sabar untuk menyaksikan produk-produk Bumilangit Cinematic Universe.