Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel
howexplore - Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | cdn.com
howexplore - Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | cdn.com

HOWEXPLORE – Superhero adalah genre movie yang selama lebih dari satu dekade ini merajai box office. Dimulai dari film pertama Iron Man produksi Marvel Film yang rilis di tahun 2008, genre superhero langsung menjadi santapan lezat para penikmat film menggeser film film genre sci fi yang selama puluhan dekade selalu menjadi nomer satu.

Sebelum Iron Man rilis, trilogi Batman nya Christopher Nolan juga sempat mencuri perhatian di tengah minimnya film genre superhero. Selain Batman, para penggemar superhero Marvel sudah dimanjakan dengan kehadiran saga X-Men. Setelah Iron Man dirilis, kedigdayaan film film superhero semakin tak terbendung lagi.

Marvel Film pun kemudian memperkenalkan para jagoannya lewat film film yang mereka produksi, diantaranya Captain Amerika, Thor, Hulk, Hawkeye, Spiderman, Dr Strange, Black Phanter, Guardians Of The Galaxy, Ant Man, Captain Marvel, dan lain lain. Tak mau kalah dengan Marvel Film, DC Film pun kemudian merilis film film superhero untuk mengimbangi dominasi Marvel, yaitu Batman vs Superman, Justice League, Wonder Woman, Aqua Man, Suicide Squads, dan lain lain.

Nah, tak kalah dengan para penikmat film superhero lain, HOWEXPLORE pun juga mencintai film film superhero, baik yang berafiliasi dengan Marvel maupun DC, atau bahkan superhero indie yang tak berafiliasi dengan marvel maupun DC. Dari sekian banyak para jagoan populer tersebut, ada beberapa superhero yang menarik perhatian HOWEXPLORE karena nyentrik. Kali ini HOWEXPLORE akan menceritakan kembali para superhero nyentrik yang berafiliasi dengan Marvel.

Deadpool

Menurut penelusuran HOWEXPLORE, Deadpool bernama asli Wade Winston Wilson. Wade Wilson adalah seorang pria yang tumbuh di tengah keluarga yang tidak harmonis. Namun, meski demikian Wade Wilson tumbuh menjadi pria yang humoris yang terkadang murung. Setelah dewasa, Wade bergabung dengan dinas militer Amerika Serikat. Bergabung di kemiliteran justru tak menjadikan Wade sosok yang dewasa.

Wade memiliki perangai yang buruk seperti mabuk mabukan, berzinah tiap malam, dan yang paling sering adalah berkelahi dengan rekan sejawatnya di kemiliteran. Hal tersebut merugikan citra lembaga militer. Wade Wilson pun akhirnya dipecat. Potensi besar Wade di bidang militer pun tak menyurutkan pihak militer tempat Wade berdinas untuk tetap memberhentikan karirnya yang cemerlang.

Dipecat dari militer tak membuat Wade Wilson menjadi pengangguran. Dengan keterampilan yang ia miliki ketika masih menjadi prajurit, Wade pun diterima di sebuah organisasi tentara bayaran independent. Wade Wilson selalu menuntaskan tugas tugas hariannya dengan baik. Ia selalu mengakhiri korbannya sesuai permintaan klien, baik dengan diracun, dimutilasi, dipenggal, diberondong peluru hingga darah berceceran, hingga membelahnya menjadi dua.

Wade Wilson Sosok Yang Kejam Sebelum Menjadi Superhero Deadpool

howexplore - Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | cdn.com

howexplore – Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | cdn.com

Wade Wilson pun punya reputasi mentereng soal bunuh membunuh. Dari hari ke hari Wade semakin menjadi pribadi yang kejam dan sadis. Uniknya, meski semakin kejam, selera humornya juga tumbuh semakin liar. Seiring waktu berjalan, kejam dan humoris menjadi persona dari Wade Wilson.

Wade Wilson semakin disukai oleh bos dan klien kliennya. Semakin banyak konsumen yang puas dengan jasanya. Wade pun semakin sibuk. Biasanya ia hanya mengambil hari kerjanya dari Senin sampai Jumat, sementara Sabtu dan Minggu ia libur untuk refreshing. Namun karena kesibukannya, Wade akhirnya bekerja setiap hari tanpa refreshing.

Bekerja tanpa refreshing membuat Wade tak memiliki banyak waktu untuk menghibur dirinya. Wade pun akhirnya bersenang senang dengan cara menteror korbannya sebelum melakukan eksekusi. Parahnya, hal itu semakin ia minati. Membunuh dengan cara menteror terlebih dahulu membuat ia sangat terhibur dan gembira riang. Kombinasi kejam dan humoris semakin padu dalam kondisi psikologinya.

Sebelum Menjadi Sosok Superhero Bernama Deadpool, Wade Wilson Didiagnosa Menderita Kanker

howexplore - Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | medium.com

howexplore – Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | medium.com

Bekerja setiap hari membuat Wade mengabaikan kesehatannya. Bayangkan saja, ia nyaris tak pernah istirahat karena bekerja siang malam hingga pagi. Wade akhirnya jatuh sakit. Dokter mendiagnosa bahwa Wade Wilson mengidap kanker dan hidupnya tak akan lama lagi. Wade pun terpukul dengan hasil diagnosa tersebut. Karir gemilang sebagai prajurit bayaran seolah sudah tak lagi berarti bagi dirinya.

Wade selalu dalam bayang bayang kematian. Setiap hari Wade hanya meratapi dosa dosanya dan semakin depresi. Hingga suatu hari Wade mendengar sebuah informasi mengenai sebuah eksperimen rahasia pemerintah bernama Weapon-X. Weapon-X adalah eksperimen pemerintah untuk menyembuhkan penderita penyakit serius, termasuk diantaranya adalah kanker.

Tak hanya itu, Weapon-X juga berusaha menjadikan si penderita penyakit memiliki kekuatan super yang tak dimiliki manusia normal. Wade pun memutuskan untuk mengikuti program tersebut sebagai ikhitiar kesembuhannya dari kanker yang semakin menggerogoti kesehatannya. Program ini menggunakan teknologi yang menstimulan penyembuhan sel manusia dengan sangat cepat. Setelah beberapa bulan mengikuti program ini, Wade pun dinyatakan sembuh.

Setelah dinyatakan sembuh total dari penyakit yang dideritanya, Wade dipekerjakan oleh pemerintah. Bersama dengan para mantan “pasien” Weapon-X, Wade diberi misi khusus. Konon di misi inilah Wade bertemu pertama kali dengan Logan (Wolverine), seorang anggota X-Men paling kharismatik.

Pada suatu misi, Wade membunuh rekannya sendiri. Wade pun dipecat dari project Weapon-X. Ini berarti untuk ketiga kalinya Wade harus berhenti dari pekerjaannya. Bukan hanya dipecat, Wade diberi sanksi hukuman dengan dimasukan ke sebuah tempat bernama Hospice. Hospice adalah sebuah tempat penyiksaan yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana seorang yang diberi kemampuan super mampu bertahan dari siksaan.

Tak tahan dengan siksaan yang dideranya, Wade membunuh salah satu petugas Hospice. Hal itu membuatnya dijatuhi hukuman mati tanpa banding. Alih alih mati, sel dalam diri Wade justru meregenerasi dan membuat Wade semakin kuat. Sejak saat itulah ia menemukan jati dirinya sebagai sosok mengerikan bernama Deadpool.

Wade Berevolusi Menjadi Superhero Bernama Deadpool

Ketika Wade telah bertarnsformasi menjadi Deadpool, ia justru menjadi lebih dewasa. Wade mengetahui kekuatannya akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk hal yang lebih baik. Maka Wade yang telah berubah menjadi Deadpool sering beraksi memberantas kejahatan di dunia. Deadpool pun tak tanggung tanggung untuk membunuh para penjahat dengan cara yang sadis dan kejam sesuai khas nya.

Deadpool pun juga tak tebang pilih dalam memberantas kejahatan. Tak peduli penjahat receh ataupun penjahat besar ia tebas. Mulai dari pencopet, perampok Bank, anggota mafia, Triad, pejabat korup, diktator, maupun penjahat yang memiliki kekuatan super seperti hal nya dirinya. Deadpool pun membunuh targetnya dengan cara yang bermacam macam.

Kadang ia langsung membunuh dengan cepat, tapi tak jarang apabila sifat jahilnya sedang muncul, ia terlebih dahulu melakukan teror hingga lawannya ketakutan sebelum mengakhirinya. Seperti hal nya jauh sebelum ia menjadi Deadpool, maka ketika menjadi Deadpool pun kekejaman dan selera humornya makin menjadi jadi. Ia seringkali bertingkah aneh atau mengeluarkan kata kata kotor maupun joke saat bertarung dengan lawannya.

Deadpool Adalah Superhero Yang Manusiawi

howexplore - Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | akamaized.net

howexplore – Deadpool, Sang Superhero Nyentrik Dari Semesta Marvel | akamaized.net

Meskipun kejam dan sadis, Deadpool memiliki sifat manusiawi juga. Ia berteman baik dengan super taksi, menyeberangkan nenek nenek di jalan, menyelamatkan kucing, pesan pizza untuk makan malam, naksir seorang wanita, dan berteman dengan superhero. Deadpool bahkan sangat setia dengan pacarnya dan tak pernah sekalipun melirik wanita lain. Bisa dikatakan Deadpool adalah sosok bad boy yang diidam idamkan banyak wanita.

Deadpool memang kejam dan sadis dalam bertarung. Tapi ia tak pernah sekalipun menyakiti wanita. Ia selalu memperlakukan pacarnya dengan baik, dengan lembut, dan menghibur dengan joke recehnya. Ia juga tak posesif. Bahkan seringkali merasa tak enak hati untuk melarang pacarnya melakukan suatu hal. Namun ketika pacarnya disakiti orang, Deadpool akan muncul dengan seluruh kekejamannya.

Dengan semua karakter unik yang dimilki Deadpool, maka tak salah jika Deadpool termasuk superhero yang nyentrik. Deadpool sendiri sebenarnya tak pernah mau dianggap superhero. Karena ia juga seringkali menjadi musuh superhero. Beberapa superhero X-Men pernah bertarung dengannya, salah satunya adalah Wolverine.

Sewaktu mengamuk di Hospice, Deadpool sempat berhadapan dengan Wolverine. Kala itu Logan atau Wolverine berusaha menenangkan Wade yang “kesurupan.” Namun Wade tak mempedulikannya dan kedua superhero itupun bertarung hebat. Wolverine bahkan kewalahan dalam menghadapi Deadpool yang mengamuk.

Di jagad komiknya, Deadpool lebih sering disebud sebagai anti hero daripada superhero. Deadpool sejauh ini sudah muncul di 3 film Marvel, yaitu The Wolverine (2009), Deadpool (2016), dan Deadpool (2018). Deadpool seri ketiga akan dirilis tahun 2020. Dua film solo Deadpool sukses besar dan menjadi box office.

Bersambung.