Sekelompok Hooligans Liverpool Terlibat Insiden Di Pusat Kota Barcelona
howexplore - Sekelompok Hooligans Liverpool Terlibat Insiden Di Pusat Kota Barcelona | kyivpost.com
howexplore - Sekelompok Hooligans Liverpool Terlibat Insiden Di Pusat Kota Barcelona | kyivpost.com

HOWEXPLORE – Liverpool akan melangsungkan pertandingan leg pertama babak perempat final Liga Champion Eropa di kandang Barcelona, Stadion Camp Nou. Banyak suporter tim tamu yang ikut melawat ke Spanyol demi menyaksikan secara langsung tim kebanggaannya berlaga. Namun beberapa jam menjelang pertandingan itu berlangsung, terjadi insiden di pusat kota Barcelona yang melibatkan hooligans (fans garis keras) Liverpool. Kabarnya insiden itu membuat beberapa orang terluka. Baik terluka fisik maupun terluka hatinya.

Insiden tersebut terjadi di alun alun Placa Reial. Awalnya para hooligans Liverpool itu terlihat santai menikmati keramaian kota dengan meminum wedang ronde. Namun, salah seorang hooligans membagikan minuman dalam botol bekas air mineral kepada kawan kawannya. Setelah menenggak minuman tersebut, gerombolan tersebut berubah sikap yang tadinya santai kemudian menjadi beringas.

Pihak kepolisian Spanyol mengatakan bahwa minuman dalam bekas botol air mineral yang diminum para suporter itu adalah minuman keras ciu yang dioplos. Awalnya para suporter tersebut hanya bernyanyi nyanyi saja sambil duduk manis. Tapi lama kelamaan mereka bernyanyi sambil berdiri dan berteriak teriak ke arah orang orang yang berada disitu.

Orang orang yang menikmati suasana santai di alun alun itu kemudian terlihat ketakutan. Sepasang pemuda pemudi yang sedang memadu kasih di pinggiran alun alun tampak lari tunggang langgang setelah didekati salah seorang suporter mabuk tersebut. Sepertinya sepasang pemuda dan pemudi yang sedang memadu kasih itu akhirnya percaya dengan kalimat, “jika berduaan dengan non muhrim di suatu tempat, maka yang ketiga adalah setan”.

Para Polisi Spanyol yang berada di tempat itu masih berjaga jaga dan bersiap siap mengambil sikap apabila situasi makin tidak kondusif. Salah seorang Polisi mencoba mendekat dan mengingatkan para suporter tersebut untuk pulang saja ke penginapan dari pada mabuk di jalan. Namun para suporter tidak mengindahkan anjuran Pak Polisi itu.

Alih alih merespon anjuran Pak Polisi, suporter suporter itu malah terus menyanyi, bahkan tambah keras. Pak Polisi kembali mengingatkan agar para suporter tersebut tak bikin rusuh di tempat itu karena takut memprovokasi para pemuda kampung setempat yang akan bertindak anarkis kepada sekelompok suporter itu.

Namun tetap saja kata kata itu tidak digubris dan para suporter terus bernyanyi dengan keras. Tapi tidak diketahui lagu apa yang dinyanyikan para suporter itu, yang jelas mereka tidak menyanyikan lagu “wanita dalam pelukan” milik payung teduh, atupun lagu “ditinggal rabi” milik Via Valen. Tak berapa lama kemudian para suporter itu bertindak brutal dengan menyerang para Polisi yang berjaga di tempat itu.

Para suporter tersebut melempari para Polisi dengan botol ciu sambil melontarkan kata makian. Beberapa suporter juga menyerang dua karyawan sebuah hotel yang lokasinya ada di pinggir alun alun. Melihat suporter yang semakin bebruat brutal, Polisi pun langsung mengamankan mereka. Ketika coba diamankan Polisi, para hooligans Liverpool tersebut malah makin brutal. Akhirnya para Polisi pun bertindak lebih tegas lagi.

Tak hanya menyerang Polisi dan karyawan Hotel, hooligans tersebut juga menyerang seorang turis asal Asia dengan mendorongnya ke kolam. Sang turis yang kebetulan sedang merayakan ulang tahun mengira bahwa itu kejutan dari temannya dengan menyuruh sang hooligans menceburkannya ke kolam. Namun kemudian histeris setelah tahu bahwa itu serangan.

Manajemen Liverpool mengatakan bahwa pihaknya memberi dukungan kepada Polisi Spanyol yang bertindak tegas terhadap para hooligans dan menyatakan bahwa aksi brutal tersebut tidak mewakili Liverpool. Hooligans asal Inggris selalu menjadi momok menakutkan di Eropa. Setiap laga yang melibatkan tim nasional Inggris atau tim asal Inggris di negara lain selalu membuat tingkat kewaspadaan aparat keamanan meningkat.